Minggu, 06 Januari 2013

peranan koperasi

Nama    : Dewi Febriyanti
NPM    : 21211955
Kelas    : 2EB22

PERANAN KOPERASI
               BAB 11
Peranan Koperasi di berbagai keadaan persaingan :

Berdasarkan sifat dan bentuknya pasar dalam peranan koperasi dibagi menjadi dua yaitu :
1.    Pasar dengan persaingan sempurna (perfect competitive market)
Pasar persaingan sempurna merupakan struktur atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli. Setiap penjualan dan pembelian tidak mempengaruhi keadaan pasar.
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
a.    Adanya penjual dan pembeli sangan banyak
b.    Perusahaan bebas untuk masuk dan keluar
c.    Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna
d.    Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
Dalam struktur pasar persaingan sempurna, harga ditentukan oleh keseimbangan permintaan (demand) dengan penawaran (supply). Oleh sebab itu perusahaan yang bersaiang dalam persaingan pasar sempurna disebut penerimaan harga (price taker). Jadi apabila koperasi masuk dan menjual produknya kepasar yang mempunyai sturktur bersaing secara sempurna, maka koperasi hanya dapat mengikuti harga pasar sebagai harga jual produknya. Koperasi tidak dapat mempengaruhi harga. Walaupun seluruh produk anggotanya dikumpul dan dijual melalui koperasi.

2.    Pasar dengan persaingan tak sempurna (imperfect competitive market), seperti persaingan monopolistik (monopolistic competition), monopsoni, dan oligopoli.

3.    Dipasar monopolistik

Pasar yang berada diantara dua jenis pasar yang ekstrem yaitu pasar persaingan sempurna dan monopoli. Oleh sebab itu mempunyai sifat-sifat yang mengandur unsur persaingan sempurna dan monopoli. Maka dapat didefinisikan pasar monopolistik pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang berbeda-beda. Adapun cirri-ciri pasar monopolistic sebagai berikut :
a.    Produk yang dihasilkan beragam (heterogen)
b.    Keluar masuk industri relatif mudah
c.    Adanya penjual yang banyak
d.    Persaingan promosi penjual sangat aktif
e.    Perusahaan mempunyai sedikit kekuasaan mempengaruhi harga, kekuasaan mempengaruhi harga ini diakibatkan dari sifat barang yang dihasilkan yaitu bersifat berbeda.
Oleh karna itu apabila koperasi ingin memaksimumkan keuntungannya dalam struktur pasar monopolistik maka secara teoritis , koperasi harus mampu menghasilkan produk yang sangat berbeda dengan yang dihasilkan oleh perusahaan lain.

4.    Dipasar Monopsoni
Adalah keadaan dimana suatu pelaku usaha mengusai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar
Cirri-ciri pasar monopsoni :
a.    Terdapat banyak penjual tetapi hanya ada satu pembeli
Contoh : kasus peternak susu sapi disuatu daerah yang hanya bias menjual satu-satunya atau beberapa pabrik susu saja. Karena tidak banyak pihak lain yang membeli produk susu sapi para peternak, pada akhirnya pihak pembeli bias berperan sebagai pihak yang mempengaruhi harga.

5.    Dipasar Oligopoli
Merupaka pasar dari sekelompok kecil perusahaan. Struktur dalam pasar ini adalah terdapat beberapa perusahaan besar yang menguasai sebagian besar oligopoly sebesar 70-80 persen dari seluruh produksi atau penjualan dan disamping itu terdapat perusahaan kecil. Karena keputusan dan tidakan dari salah satu sangat mempengaruhi perusahaan lain. Oleh karena itu sifat ini menyebabkan perusahaan lain harus berhati-hati dalam mengambil kepetusan, baik dalam merubah harga, merubah desain, merubah teknik produksi, dll.

Ciri-ciri pasar oligopoli :
a.    Menghasilkan barang standar maupun barang berbeda
b.    Kekuasaan menentukan harga adakalanya lemah dan adakalanya kuat
c.    Pada umumnya perusahaan ologopoli melakukan promosi secara iklan

Jenis-jenis pasar oligopoli :
a.    Pasar oligopoly murni
Barang yang diperdagangkan sama fisiknya (identik), hanya berbeda merknya saja
b.    Pasar oligopoly dengan pembedaan (differentiated oligopoly)
Barang yang diperdagangkan dapat dibedakan. Perusahaan mengeluarkan beberapa produk untuk pilihan konsumen.

Sumber :
1.    http://rujakcom.blogspot.com/2012/01/peranan-koperasi.html
2.    http://nadirawidyawijaya.blogspot.com/2012/11/peranan-koperasi_839.html
3.    http://dyhretnow.blogspot.com/2011/12/pasar-monopsoni-dan-oligopsoni.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar